12 Okt 2018

#SIP Sistem Informasi Psikologi




A.    Definisi Menurut Para Ahli

1.      SISTEM





2.      INFORMASI


Menurut Robert N. Anthony, Jhon, dan Norton (2005) Mendefinisikan informasi adalah suatu hal yang bersifat nyata yang berupa data atau item yang dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi penggunanya.Abdul Kadir (2014) Mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

Menurut Romney dan Steinbart (2015) Juga menjelaskan bahwa Informasi adalah data yang telah dikelola dan diproses untuk memberikan arti dan memperbaiki proses pengambilan keputusan. Sebagaimana perannya, pengguna membuat keputusan yang lebih baik sebagai kuantitas dan kualitas dari peningkatan informasi.

Jadi berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan, bahwa informasi adalah suatu hal yang bersifat nyata berupa data yang telah diproses sedemikian rupa dan telah dikelola untuk memberikan arti dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi penggunanya.

3.      PSIKOLOGI


       Menurut Atkinson (2002) Psikologi adalah adalah ilmu ilmiah yang mempelajari mengenai proses perilaku dan proses mental. Descartes dan Wundt (dalam Davidoff, 1988) Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Menurut Mussen dan Rosenzwieg (1973) Pada masa lampau psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang  “mind” (pikiran) atau the study of mind. Tapi dalam perkembangannya, kata mind berubah menjadi “behavior” (tingkah laku). Sehingga psikologi  didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.

      Jadi, berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses perilaku, proses mental, jiwa manusia dan tingkah laku manusia.

4.      SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI
Berdasarkan definisi diatas, dapat disimpulkan sistem informasi psikologi adalah kumpulan suatu sistem berupa data informasi yang diolah dan  berkaitan dengan ilmu psikologi, perilaku manusia dengan maksut dan tujuan tertentu.


REFERENSI

Abdul Kadir. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Andri Kristanto (2008) Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta : Gava Media.
Anthony, Robert N; John Dearden and Norton M Bedford (2005), Sistem Pengendalian Manajemen, 11th Ed. Jakarta:  Salemba Empat.
Atkinson, R.L. (2002). Pengantar Psikologi jilid I. Jakarta: Interaksara
Azhar Susanto. (2013). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.
Davidoff, L. L. (1988). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta:Erlangga.
Jogiyanto. (2001). Analisis & Desain Sistem Informasi : pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi.
Mussen, P., and Mark R. Rosenzweig. (1973). Psychology: an introduction. Toronto: D.C. Health and Company.
Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Accounting information system 13th ed. England: Pearson Educational Limited.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar